Friday, December 27, 2013

Tips Menentukan Gula Aren Asli

Tips Menentukan Gula Aren asli

Tips Menentukan Gula Aren Asli - Dalam bisnis gula aren (palm sugar) juga terjadi tipu menipu. Misalnya gula merah yang sudah dicampur berbagai bahan diakui sebagai gula aren asli. Bahan yang digunakan tergantung situasi harga bahan pencampurnya. Misalnya jika gula kelapa lebih murah dari gula aren maka ke dalam gula aren asli akan ditambahkan gula kelapa. Tapi yang paling sering terjadi adalah  mencampur dengan nira tebu.

Pernah heran mengapa saat diencerkan gula aren tampak kental? Itu karena  gula aren sering juga dicampur aci atau tepung aren atau tapioka. Maksudnya agar kontruksi lebih padat dan ditimbang lebih berat.

Produsen juga sering menambahkan zat kimia sintetis tertentu ke dalam gula aren. Misalnya sulfit yang bertujuan sebagai pengawet nira, agar gula lebih keras atau berwarna lebih cerah. 

Berikut tips menentukan gula aren asli

Untuk menentukan apakah gula aren kita  beli 100 % terbuat dari nira aren caranya cukup sederhana.Berikut beberapa cara :
  • Aroma. Gula aren asli beraroma enak. Wangi karamelnya bahkan tercium sampai jarak 5 - 10 meter.
  • Letakan sebongkah gula aren keatas bidang datar/talenan. Pukul permukaan gula tersebut dengan batu atau cincang dengan pisau. Karakter gula aren asli rapuh dan getas, akan langsung berderai bila dipukul atau dicincang. 
  • Pastikan membeli gula aren dari supplier terpecaya atau perusahaan yang mempunyai reputasi baik.



Semoga tulisan pendek tips menentukan gula aren asli bermanfaat bagi sahabat sekalian.

Terima kasih.

@eviindrawanto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arenga Followers

Arenga Archive