Sunday, January 05, 2014

Membuat Palm Sugar

membuat palm sugar
Bahan Palm Sugar

Membuat Palm Sugar - Setelah diturunkan dari pohon, agar tak mengalami fermentasi, nira aren harus segera dipanaskan.Kalau tak cepat dipanaskan nira akan berfermentasi dimana tidak bisa lagi dibuat palm sugar.


Tapi sebelumnya harus disaring terlebih dulu. Barangkali terdapat berbagai kotoran di dalam tabung penampungan. Maklum selama penderesan tabung bambu ditaruh di bawah tangkai bunga selama 8-12 jam. Gunanya untuk menumpuk cairan gula. Selama waktu itu mungkin saja  terdapat patahan ijuk, remah daun kering atau bahkan serangga seperti semut dan lebah terperangkap di dalamnya. Setelah bersih proses membuat palm sugar baru diteruskan dengan pemanasan.

Proses perebusan berlangsung selama 4-5jam. Cairan nira  bening akan berubah jadi kecoklatan dan kental.

Nah selama proses membuat palm sugar ini lah terjadi hal menyenangkan. Aroma yang dikeluarkannya sangat enak. Mirip kue bolu ketimbang gula. Aroma legit itu akan membuat orang yang sedang patah selera ingin makan.

Di tahap kekentalan tertentu seperti kalau bahan ditarik akan terbentuk benang halus. Dari sana nasib cairan kental ini ditentukan.Untuk gula aren cetak tinggal tuang ke tempurung kelapa, buluh bambu atau wadah pencetak lainya. Sementara untuk palm sugar atau gula semut pengadukan diteruskan sehingga terbentuk kristal halus palm sugar.

Demikian sekilas tentang membuat palm sugar.

@eviindrawanto

2 comments:

  1. lama juga ya prosesnya, butuh sekitar 4-5 jam untuk proses perebusannya saja...,
    salam dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan

    ReplyDelete
  2. Iya, waktu pembuatannya memang relatif lama, Mbak Wieke. Salam kembali dari Tangerang :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arenga Followers

Arenga Archive